//
you're reading...
Rahasia, Umum

Perbedaan Sifat Alami Cewek (Wanita) dan Cowok (Lelaki)


Perbedaan Sifat Alami Cewek (Wanita) dan Cowok (Lelaki) >> Ada banyak perbedaan sifat alami yang mendasar antara Sifat Alami Cewek (Wanita) dan Sifat alami Cowok (Lelaki),🙂 yang tentunya dapat membedakan antara lelaki (cowok) dan wanita (cewek). Khususnya perbedaan sifat ini akan akan lebih jelas terlihat saat usia memasuki tahap dewasa.😀

Perbedaan Sifat Alami Cewek (Wanita) dan Cowok (Lelaki)

Pada usia anak-anak dan remaja perbedaan sifat alami ini tidak terlalu terlihat karena mereka memang dalam masa pertumbuhan.

Perbedaan sifat alami ini dikarenakan adanya perbedaan struktur otak antara lelaki (cowok) dan wanita (cewek). Perbedaan struktur otak ini mengakibatkan perbedaan pula cara memproses informasi yang masuk kedalam otak, dan mengakibatkan pula perbedaan prioritas, tingkah laku, persepsi dan pengertian pada lelaki (cowok) dan wanita (cewek).

Berikut ini adalah beberapa perbedaan sifat alami mendasar:

  • Jangkauan Sudut Pandang:

Perbedaan sifat alami dalam Jangkauan Sudut Pandang >> Bila diukur dari hidung, maka wanita (cewek) mempunyai jangakauan sudut pandang yang relatif lebih besar. Menurut penelitian, jangakauan sudut pandang wanita (cewek) berkisar antara 45 derajat sampai dengan 180 derajat, diukur dari hidung kearah kanan kiri atas bawah.

Jadi kaum wanita (cewek), dengan jangkauan sudut pandang yang luas itu bisa melihat isi lemari tanpa menggerakkan kepalanya, hanya dengan modal plirak-plirik saja mereka bisa menemukan barang yang dicari.

Ini berbeda dengan kaum leleki yang mempunyai sudut pandang yang relatif lebih kecil. lelaki (cowok) bila memandang sesuatu maka otak akan memproses pandangannya itu ibarat teropong bajak laut Jack Sparrow. Jauh dan lebih fokus, dan juga akan mencari KATA yang tertulis diotak tentang benda yang dicari atau ingin dilihat.

Contohnya begini:
Seorang lelaki (cowok) hendak mencari susu DENKO yang berbentuk kotak dalam lemari es. Setelah dibuka pintunya, dan dilihat kedalam lemari es, ia tidak menemukan kotak susu bertulisan DENKO di dalam lemari es tersebut.
Kemudian datang wanita (cewek) melihat kedalam lemari es tersebut, dan dalam sekejap ia menemukan kotak susu DENKO tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena perbedaan sudut pandang tadi dan perbedaan cara otak memproses informasi yang diteruskan oleh mata ke dalam otak.

Penelitian mengungkapkan bahwa otak lelaki (cowok) mencari kata DENKO di dalam lemari es. bila posisi kotak DENKO tadi terbalik, atau arahnya tidak mengarah bagian depan yang ada tulisannya, maka otak lelaki (cowok) akan menyimpulkan barangnya tidak ada atau tidak kelihatan.

  • Struktur Otak

Perbedaan sifat alami dalam Struktur Otak >> Dalam susuna struktur otak wanita (cewek), kemampuan untuk berbicara terutama ada dibagian depan otak kiri dan sebagian kecil di otak sebelah kanan.Sementara untuk lelaki (cowok), kemampuan berbicara dan bahasa itu bukan kemampuan otak yang penting. Adanyapun cuma di bagian otak kiri dan tidak ada area yang spesifik. Otak lelaki (cowok) itu terkotak-kotak dan mampu memilah-milah informasi yang masuk.

Jadi jangan heran kalau wanita (cewek) lebih senang berbicara dan banyak pula yang dibicarakan, karena kedua belah otaknya mampu bekerja sekaligus.

Di malam hari, setelah seharian penuh beraktivitas, lelaki (cowok) bisa menyimpan semuanya diotaknya. Sementara otak wanita (cewek) tidak bekerja seperti itu.

Informasi atau masalah yang diterimanya akan terus berputar-putar dalam otaknya. Dan ini tidak akan berhenti sampai dia bisa mencurahkan habis isi otaknya alias curhat.

Oleh sebab itu, kalo wanita (cewek) bicara, tujuannya adalah untuk mengeluarkan unek-uneknya, bukan untuk mencari kesimpulan atau solusi seperti yang dilakukan kaum lelaki (cowok).

  • Membangun Hubungan Lewat Percakapan

Perbedaan sifat alami dalam Membangun Hubungan Lewat Percakapan >> Rata-rata wanita (cewek) bisa bicara 20 ribu kata dalam sehari. Sementara lelaki (cowok)  hanya sekitar 7 ribu kata sehari atau bahkan lebih sedikit dari itu.
lelaki (cowok) jika sudah menghabiskan 7 ribu kata, maka dia tidak akan berminat untuk bicara lebih lanjut.Persediaan si wanita (cewek) tergantung dari apa yang sudah ia lakukan sepanjang hari.  Kalau dia sudah banyak berbicara dengan orang lain hari itu, dia pun akan sedikit berbicara.
Kalau dia tinggal sendirian di rumah saja, mungkin ia sudah menggunakan 5 ribuan kata. Jadi masih ada 15 ribu lagi! :toe:

  • Multitasking

Perbedaan sifat alami dalam Multitasking >> Dari penelitian, lelaki (cowok) cuma bisa melakukan satu hal pada suatu waktu. Semua penelitian yang ada menemukan bahwa otak lelaki (cowok) lebih terspesialiasi, terbagi-bagi. Otak lelaki (cowok) berkembang sedemikian sehingga mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal yang spesifik pada suatu saat, sehingga sering mereka bilang mereka bisa mengerjakan
semuanya tapi ‘satu-satu donk!!’. jika lelaki (cowok) menepikan mobil untuk membaca peta, biasanya dia juga akan
mengecilkan suara radio atau tape.
Banyak wanita (cewek) yang bingung kenapa. Kan bisa saja baca peta sambil dengar radio dan bicara? :garuk:

Atau kadang wanita (cewek) suka bingung: “Kalo dia lagi baca koran, kok dia
tidak bisa dengar tadi saya bilang apa?”

Jawabannya adalah karena sedikit sekali jaringan yang menghubungkan
otak kiri dan kanan lelaki (cowok), sehingga kalo lelaki (cowok) yang lagi baca koran atau
nonton TV di-scan otaknya, kita bakal tau bahwa dia seketika itu juga jadi budeg.. :haha:

Sementara otak wanita (cewek) punya konstruksi yang memungkinkan wanita (cewek) melakukan  banyak hal sekaligus atau kerennya multitasking job.
wanita (cewek) bisa melakukan banyak hal yang sama sekali tidak berhubungan pada waktu bersamaan, dan otaknya tidak pernah putus, selalu aktif.

wanita (cewek) bisa bicara di telpon, pada saat yang sama masak di dapur dan nonton TV.  Atau dia bisa nyetir, dandan, mendengarkan radio dan bicara lewat hands-free, juga sambil nge-blog :pusing:

Tapi karena wanita (cewek) bisa pakai 2 sisi otaknya secara bersamaan, banyak
yang bingung membedakan kanan dari kiri pada saat tertentu. Sekitar 50% wanita (cewek) tidak bisa secara langsung nunjuk mana kanan dan mana kiri kalau ditanya. Tapi lelaki (cowok) bisa secara langsung mengidentifikasi kanan dari kiri.

Coba saja sewaktu ikut wanita (cewek) yang menyetir mobil terus kita bilang “belok kanan” atau “belok kiri” TANPA menunjuk arah pakai tangan atau menggerakkan tubuh yang lain, kemungkinan besar wanita (cewek) akan bertanya lagi nunjuk kiri kanan tanpa seketika tahu mana kanan atau kiri. :haha:

  • Indirect Speech

Perbedaan sifat alami dalam Indirect Speech >> wanita (cewek) kalau berbicara biasanya menggunakan indirect speech alias memberikan isyarat tentang apa yang sebenarnya dia inginkan.
Tujuannya adalah untuk menghindari konflik atau konfrontasi sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis satu sama lain.
Indirect speech biasanya menggunakan kata-kata seperti: ‘kayaknya’, ‘sepertinya’dan sebagainya.Ketika wanita (cewek) bicara menggunakan indirect speech ke wanita (cewek) lain, tidak pernah ada masalah.
wanita (cewek) lain cukup sensitif untuk mengerti maksud sebenarnya.
Tapi, bila dipakai untuk bicara dengan lelaki (cowok) , bisa berakibat fatal!

Kebanyakan lelaki (cowok) menggunakan bahasa langsung atau direct speech dan mereka mengambil makna sebenarnya dari apa yang orang lain katakan.

Contohnya:
Pada suatu hari pasangan Danda dan Dinda akan pergi menghadiri undangan perkawinan tetangganya. Dinda baru beli baju baru untuk kondangan. Ditangannya ada 2 pasang baju, satu berwarna putih dan satu lagi berwarna hijau. Lalu  bertanya kepada Danda.

“Mas, yang mana yang mesti Dinda pakai untuk kondangan nanti?” Tanya Dinda.
Mencoba jawaban diplomatis si Danda menjawab: ” Yang mana saja deh, semua sama bagusnya..”
Dinda: ” Ayo dong mas, yang mana yang kelihatan lebih bagus, yang putih apa yang ijo?”
Danda: “Yang warna putih..”
Dinda: “Memangnya yang ijo kenapa? Kamu memang dari dulu gak suka sama yang ijo, padahal aku beli mahal-mahal dan kamu gak suka kan..!”
Danda (dalam hatinya): “Kalau tidak mau dengar pendapatku kok tadi maksa nanya!! :toe:

Dari contoh diatas, Danda pikir dia tadi disuruh memecahkan atau mencari solusi dari masalah pemilihan baju. Tapi ketika masalahnya sudah dia pecahkan si Dinda malah kesal. Dinda sebenarnya sedang menggunakan bahasa tipe cewek banget atau istilahnya tadi itu indirect speech.
Dinda sebenarnya sudah memutuskan untuk memakai baju yang warna apa dan TIDAK sedang meminta pendapat atau mencari solusi, yang Dinda inginkan adalah konfirmasi bahwa ia terlihat menarik atau cantik dengan memakai baju warna hijau tadi.

Jadi itulah beberapa perbedaan sifat alami yang mendasar antara lelaki (cowok) dan wanita (cewek), penulis sendiri sudah membuktikan beberapa kejadian diatas secara nyata :hehe😀

“12 sifat dasar alami wanita”

  1. Cewek suka ke wc rame-rame. Karena, satu, butuh dukungan moral alias (pujian) pas lagi dandan. Dan kedua, buat ngomongin cowok-cowok yang nungguin mereka diluar.
  2. Pertanyaan kayak, “Aku gemuk gak sih?” dan “Potongan rambutku aneh ya?” dari cewek adalah pertanyaan jebakan buat memancing pujian. Jadi, apapun jawaban cowok sebenernya, jawab dengan pujian.
  3. Cewek biasanya merasa dirinya paling bener. Jadi kalo berargumen sama cewek, mendingan ngalah ato minta maaf. kalo pun pada akhirnya cewek ngaku salah, deep down inside her heart dia masih berpikir bahwa dialah yang benar.
  4. Karena cewek lebih sensitif, maka sering dianggap lebih lemah. Tapi dibalik penampilannya yang lembut, sebenernya justru punya mental yanglebih tahan banting dari cowok. bayangin aja, kalo cowok PMS pasti reaksinya bisa lebih menggila daripada cewek!!
  5. Kenapa cewek kalo dandan lama banget? Karena sifat kompetitifnya. Seorang cewek tampil cantik ga cuma buat menyenangkan ato menarik perhatian lawan jenis. Tapi juga untuk rasa puas dirinya sendiri ketika tampil lebih cantik daripada cewek lain.
  6. Salah satu sifat yang dominan di cewek adalah perfeksionis. Itu makanya, cewek kalo belanja suka lama. Karena cewek lebih memperhatikan detil. Warnanya salah dikit ga suka, Modelnya beda dikit langsung cari toko lain.
  7. Jangan coba-coba bohong sama cewek karena intuisinya kuat dan biasanya tahu kalo dibohongin. Tapi kalo nekat, silahkan. Asal, jangan sampe ketahuan aja. Soalnya cewek paling benci kalo dibohongin.
  8. Cewek ga suka sesuatu yang berlebihan. Misalnya, cewek suka diperhatiin tapi nggak suka kalo perhatiannya sampe ke tingkat annoying. Dikit-dikit telepon tanya udah makan ato belum, misalnya.
  9. Cewek lebih jago multitasking(melakukan beberapa pekerjaan secara bersama-sama) daripada cowok. Liat aja, Cowok kalo udah maen game nggak bakal ngeh diajak ngomong apapun. Tapi kalo cewek, bisa dengerin curhatan cowoknya dengan sungguh-sungguh, sambil ngecengin cowok lain. :hehehe…
  10. Cewek itu drama queen! Jadi, emang udah bawaanya suka mendramatisir sesuatu. Karena itu pula cewek pinter berakting. Sebenernya sedih, tapi tetep senyum dna ceria. Sebenernya nggak apa2 tapi bisa menitikkan air mata. Kenapa begitu? Maklum aja. Girls Love Drama. As simple as that!!
  11. Cewek tuh lebih pinter dari cowok. Mereka bisa membaca pikiran cowok. Namun terkadang mereka berlagak sedikit lemot, manja nd pura-pura ga ngerti. mengapa begitu? mereka tau kalo cowok ga suka cewek yang terlalu ‘pinter’ ato sok tau. Cowok lebih seneng dianggap lebih superior dari cewe. So berhati-hati guys, dalam membina hubungan dengan cewe sewaktu-waktu bisa saja kendali berpindah ke tangan cewek. nd bila itu terjadi, cowok lah yang bakalan dikendalikan cewek.
  12. Cewek lebih peduli terhadap karakter seorang cowok daripada penampilan(walopun terkadang penampilan juga menjadi hal yang cukup krusial). Itulah alasannya mengapa ketika masa SMA cowok-cowok berandalan sekolah punya cewek yang cakep. ya karena, mereka berani nunjukin karakter mereka yang liar.

“Fakta-fakta lain tentang Unsur Wanita (menurut ahli kimia Pria) :”

– Jika kau menciumnya, kau bukan gentleman
– Jika kau tidak menciumnya, kau bukan lelaki
– Jika kau memujinya, ia akan mengira kau ngegombal
– Jika kau tidak memujinya, kau adalah lelaki tak berguna
– Jika kau setuju semua keinginannya, dia akan ngelonjak
– Jika kau tidak setuju, kau tidak pengertian
– Jika kau bercinta dengannya, kau dicurigai “sudah ahli”
– Jika kau tidak bercinta dengannya, kau bukan lelaki
– Jika kau kunjungi dia sering-sering, dia pikir kau membosankan
– Jika tidak kau kunjungi sering-sering, dia menuduhmu main sama orang lain
– Jika kau berpakaian rapi, dia bilang kau menarik perhatian wanita lain
– Jika kau tidak berpakaian rapi, dia bilang kau berantakan
– Jika kau cemburu, dia bilang kau jahat
– Jika kau tidak cemburu, dia bilang kau tidak cinta padanya
– Jika kau ingin bercinta, dia kata kau tidak menghormatinya
– Jika kau tidak ingin bercinta, dia pikir kau tidak suka padanya
– Jika kau telat satu menit, dia akan marah-marah
– Jika dia telat satu jam, dia bilang itu memang seharusnya seorang wanita
– Jika kau mengunjungi wanita lain, dia akan menuduh kau punya wanita lain
– Jika dia dikunjungi lelaki lain, “Oh! Sudah biasa, kami wanita!”
– Jika kau menciumnya sebentar, dia tuduh kau orangnya dingin
– Jika kau menciumnya lama, dia teriak bahwa kau kurang ajar
– Jika kau gagal membantu dia menyeberang jalan, kau kurang etika
– Jika kau berhasil membantunya menyeberang jalan, dia anggap itu taktik lelaki
– Jika kau menatap wanita lain, dia tuduh kau buaya
– Jika dia ditatap lelaki lain, dia berkata bahwa mereka mengaguminya
– Jika kau membiayai hidupnya, dia pikir kau meremehkannya
– Jika kau tidak membiayai hidupnya, dia pikir kau pelit
– Jika kau bercinta dengan wanita lain, dia minta putus
– Jika dia bercinta dengan lelaki lain, “Bukan salahku! Dia yang memaksa!”
– Jika kau berhasrat bercinta dengannya, dia anggap hanya itu yang kau inginkan
– Jika kau tidak berhasrat bercinta dengannya, dia anggap kau jual mahal
– Jika kau bicara, dia ingin kau sendiri mendengar yang kau bicarakan
– Jika kau mendengar, dia ingin kau yang bicara
– Jika saat bercinta dia diam saja,dia minta dicumbu
– Jika saat bercinta kau diam saja, dia juga diam saja
– Jika dia menangis, kau salah telah membuatnya menangis
– Jika kau menangis, dia pergi darimu karena kau bukan lelaki sejati

Demikian sekilas tentang Perbedaan Sifat Alami Cewek (Wanita) dan Cowok (Lelaki) dari penulis super. Mudah-mudahan tulisan singkat ini bermanfaat 😀.

Salam Bloggers dan sukses selalu.
Juanda

_________________
Sumber: Allan & Barbara Pease

Banner300pxl

About Juanda

Saya bukan penulis profesional, tapi saya ingin menjadi penulis super. saya bukan yang terhebat dan terbesar namun saya akan memberikan yang terbaik. :)

Diskusi

10 thoughts on “Perbedaan Sifat Alami Cewek (Wanita) dan Cowok (Lelaki)

  1. ijin copas buat share di facebook gan….

    Posted by Yudy Agung Pratama | 23 Desember, 12:32 PM
  2. kalau re-blog itu otomatis mencantumkan sumbernya gak mas? kalau tidak saya nanti tak merujuk saja hehehe:mrgreen: salam kenal😉

    Posted by _menikdp | 17 Mei, 11:03 PM
  3. ngeliat yg fakta fakta lain, emang cowok serba salah hahaha, nasib nasib

    Posted by Ega Septian | 6 Juni, 10:48 AM
  4. Kayaknya jalan yang paling tepat adalah sendiri ajha.. hahaha keren mas pastingannya 2 jempoll dehhh hehehe

    Posted by ashari | 11 November, 2:10 AM
  5. haha… pnjelasanny lucu n’ menarik. kalau mnurut siska sih, jgn trlalu brlbihan yg sdang2 ja ngejalani suatu hbungan.

    Posted by siska marsalina | 18 Juni, 9:41 PM
  6. lucu juga tpi bisa buat pengalaman si wkwkwkwk

    Posted by ami | 8 Januari, 1:39 PM
  7. Hahahah keren gan informasinya. . .cwe itt emg terlahir sbagai rainbow girl. .
    Pnuh warna. Gk kyak cwo hahah

    Posted by Lis sumala | 13 Juli, 4:57 PM
  8. good

    Posted by anna | 11 Agustus, 10:42 PM
  9. Izin share . .

    Posted by Iis fajar nugroho | 4 Oktober, 7:27 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: